Kubah Masjid Jami’ Kebon Jeruk

 

Masjid yang terletak di jl. Hayam wuruk , desa maphar, kecamatan taman sari , Jakarta barat, provinsi DKI Jakarta, masjid ini merupakan masjid yang banyak menyimpan sejarah sejarah umat muslim tionghoa yang berada di Indonesia . jika anda membutuhkan artikel tentang kontraktor kubah masjid, harga kubah masjid dan lain lainnya lihat selalu di blog kami.

Masjid yang sudah menjadi masjid tertua di daerah Jakarta dan juga masjid yang di bangun pertama kali oleh Chau Tsien Hwu atau yang banyak di kenal dengan nama Tschoa yang di bangun pata tahun 1786 masehi pada saat masa penjajahan belanda.

Di lain hal itu terdapat makam tua yangterletak di samping masjid jami’ kebon jeruk , makam tersebut bertuliskan “ hsienpi men tsu now” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “makan china dari keluarga chai” di mana makam gtersebuat adalah makam Fatimah hwu atau seorang istri dari chau tsein hwu.

Masjid jami’ kebon jeruk adalah masjid yang pertama kali di dirikan oleh seorang etnis tionghoa yang sampai pada saat ini sudah berumur 200 tahun lamanya. Meskipun masjid ini adalah masjid yang sudah tua tapi masjid ini tetap di penuhi oleh para jamaah yang akan melaksanakan sholat berjamaah , lebih ramainya pada saat sholat jum’at, masjid jami’ kebon jeruk sangat sangat di padati oleh jamaah yang berasal dari wilayah sendiri maupun dari para wisatawan wisatawan yang berasal dari india, Pakistan, arab Saudi , dan juga Malaysia .

Masjid jami’ kebon jeruk merupakan sebuah peninggalan yang sangat bersejarah yang sudah berumuran ratusan ratusan tahun yakni pada tanggal 10 januari pada tahun 1972, bahwa para pemerintahan DKI Jakarta  dan dinas museum  menetapkan bahwa masjid jami’ akan tetap menjadi sejarah dan salah satu bangunan monument yang harus tetap di lindungi dan juga pula harus tetap di lestarikan secara bersama sama. Menurutnya sejarah yang ada pada saat itu , yaitu menurut sejarah dari chau tsein hwu bahwa seorang pendiri masjid jami ini berasal dari sin kiang di tiongkok yang pada saat itu menguasai Indonesia .

Di namai kebon jeruk di karenakan pada saat itu keberadaannay berada di sebuah kebun kebun yang di penuhi dengan pohon pohon jeruk. Selaik masjid jami’ terkelan dengan banyak sejarah sejarah yang terkandung di dalamnya masjid jami’ kebon jeruk juga sangat terkenal dengan sebuah kegiatan tabligh dan juga dakwah islam di Indonesia yaaa…

Sekilas artikel tentang masjid jami’ kebon jeruk dan semoga bermanfaat untuk sebuanya dan tak lupa berterima kasih untuk semuanya yang sedah membaca dari awal sampai akhir artikel. Bagi para traveler religi cepat deh datang ke sini untuk melihat sejarah sejarah dan juga makam seorang perjuangan Negara yang berada di samping masjid jami’ kebon jeruk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *